PENG. TEKNOLOGI SISTEM CERDAS
APLIKASI OVO
Disusun Oleh :
Helmy Mulyawan
13112379
3KA20
3KA20
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
JURUSAN SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMADEPOK
2018/2019
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Teknologi Finansial (Fintech) adalah penggunaan teknologi
dalam sistem keuangan yang menghasilkan produk, layanan, teknologi, dan/atau
model bisnis baru serta dapat berdampak pada stabilitas moneter, stabilitas
sistem keuangan, dan/atau efisiensi, kelancaran, keamanan, dan keandalan sistem
pembayaran. Perkembangan teknologi finansial di satu sisi terbukti membawa
manfaat bagi konsumen, pelaku usaha, maupun perekonomian nasional, namun di
sisi lain memiliki potensi risiko yang apabila tidak dimitigasi secara baik dapat
mengganggu sistem keuangan.
Beberapa aplikasi fintech di Indonesia yaitu OVO, Go-Pay, mobile banking, internet banking. Ada juga beberapa E-commerce yang memiliki fitur
hampir sama dengan fintech seperti
Tokopedia dan Shopee yang sama sama memiliki fitur untuk membayar Tv kabel,
BPJS, listrik , membeli pulsa/ paket data, dan membayar tagihan – tagihan
lainnya, tetapi memiliki keterbatasan yaitu tidak bisa dijadikan alat
pemabayaran digital di beberapa merchant.
Dalam tugas ini, penulis
akan membahas tentang OVO. OVO (PT Visionet Internasional), sebuah startup
fintech yang membangun platform digital yang bertujuan untuk menyederhanakan
hidup kita dengan menyediakan hadiah & penawaran luar biasa melalui mitra
dagang, pembayaran sederhana dan layanan keuangan cerdas. Aplikasi OVO
diluncurkan secara resmi pada Maret 2017 dan telah hadir di lebih dari 23.000
lokasi di 209 kota di seluruh Indonesia. Dengan ribuan pedagang berafiliasi dan
mitra bisnis dan multi juta anggota dalam ekosistem, akan menjadi platform
layanan keuangan digital Indonesia terbesar.
BAB 2
PEMBAHASAN
2.1 Apa itu OVO?
Ovo merupakan
aplikasi pembayaran online bersifat mobile yang dikembangkan oleh perusahaan
Lippo Group. Singkatnya OVO merupakan aplikasi sejenis Saldo online yang bisa
digunakan membayar berbagai tagihan. OVO (PT Visionet
Internasional), sebuah startup fintech yang membangun platform digital yang
bertujuan untuk menyederhanakan hidup kita dengan menyediakan hadiah &
penawaran luar biasa melalui mitra dagang, pembayaran sederhana dan layanan
keuangan cerdas. Aplikasi OVO diluncurkan secara resmi pada Maret 2017 dan
telah hadir di lebih dari 23.000 lokasi di 209 kota di seluruh Indonesia.
Dengan ribuan pedagang berafiliasi dan mitra bisnis dan multi juta anggota
dalam ekosistem, akan menjadi platform layanan keuangan digital Indonesia
terbesar.
Dalam http://teknologi.metrotvnews.com
, Ovo mengumumkan kerja samanya dengan Bank Mandiri, Alfamart, Grab dan Moka.
Dalam acara yang diadakan di Gandaria City, President Director Ovo, Adrian
Suherman mengatakan bahwa bersama dengan rekan-rekan strategisnya, Ovo ingin
membentuk ekosistem terbuka. Adrian membanggakan, saat ini, Ovo telah tersedia
di lebih dari 400 pusat perbelanjaan di Indonesia. Ke depan, dia ingin untuk
menggunakan teknologi QR Code, memungkinkan pengguna Ovo untuk melakukan
pembayaran digital di warung-warung kecil. Kerja sama Ovo dengan Bank Mandiri
akan membantu keduanya untuk saling menambahkan jumlah pedagang atau merchant
yang bisa menggunakan sistem pembayaran digital mereka. Selain Bank Mandiri,
Ovo juga bekerja sama dengan Moka, startup yang menawarkan sistem POS (Point of
Sales) untuk pedagang yang masih menggunakan sistem pembayaran tradisional.
Moka sendiri telah digunakan oleh 10 ribu pedagang. Sementara untuk memudahkan
mengisi saldo Ovo, mereka bekerja sama dengan Alfamart. Kini, pengguna Ovo bisa
mengisi saldo di 14 ribu cabang Alfamart. Ke depan, Adrian mengatakan, dia
berharap Ovo akan bisa digunakan untuk membayar belanjaan yang di beli di
Alfamart. Ovo juga bekerja sama dengan Grab. Melalui kerja sama ini, pengguna
Grab bisa menggunakan Ovo untuk melakukan pembayaran. Selain itu, pengguna juga
akan bisa mengisi saldo Ovo dengan bantuan pengendara Grab.
2.2 Fitur yang Ada
Didalam OVO
Beberapa fitur yang penulis
gunakan atau ketahui yang ada didalam OVO:
- Karena kerja sama OVO dengan Grab, Balance saldo yang berada di OVO otomatis terintegrasi didalam Grab, hal ini memiliki fungsi yang sama pada aplikasi OVO sendiri yaitu sebagai alat pembayaran menggunakan QRCode di merchant-merchant yang bekerja sama dengan OVO tentunya. Karena kerja samanya juga, untuk penumpang Grab setiap hari mendapatkan promo jika menggunakan saldo OVO sebagai alat pembayarannya, ini merupakan salah satu keuntungan para pengguna OVO.
Tampilan OVO Balance pada aplikasi Grab dan tampilan
promo/deals atau merchant yang kerja sama dengan OVO
- Sama seperti media pembayaran cashless lainnya, OVO pun menawarkan pembayaran yang lebih cepat, seperti:
a.
Membeli Pulsa All Operator Prabayar
dan Pascabayar,
b.
Paket Data
c.
Token Listrik dan Tagihan Listrik
Pascabayar
d.
Tagihan BPJS Kesehatan
e.
TV Kabel
f.
Asuransi seperti Lippo Asuransi
g.
Iuran Lingkungan, dll
Tampilan
Fitur OVO
- Sistem Budgeting yang diterapkan oleh OVO sebenarnya menarik, karena sudah terintegrasi dengan jenis-jenis pengeluarannya. Misalnya, kamu sudah menentukan budget-mu untuk makan di luar Rp.1juta/bulan dan budget untuk transportasi Rp.500ribu. Kamu nggak perlu repot-repot mengelompokkan pengeluaranmu setiap hari, karena setiap kali terjadi transaksi, OVO akan otomatis memasukkannya ke dalam pencatatan budget-mu, yang mana akan memberi peringatan saat nilai maksimum hampir tercapai mudah ( harus upgrade ke OVO Premiere ).
- Baru-baru ini Tokopedia bekerja sama dengan OVO , yaitu mengalihkan Tokocash yang ada pada Tokopedia menjadi saldo OVO. Apabila berbelanja di Tokopedia dan mendapatkan Cashback , saldo tersebut akan masuk kedalam Balance OVO.
- OVO juga bisa digunakan untuk mentransfer ke seluruh Bank tanpa biaya, tanpa harus memiliki rekening bank dan dapat mentransfer ke sesama pengguna OVO dengan mudah , tetapi fitur ini dapat digunakan jika upgrade OVO yang kita pakai menjadi ke OVO Premiere.
Fitur
Transfer pada OVO Premier
Aplikasi OVO menawarkan 2 (dua) jenis
klasifikasi pelanggan dengan jenis layanan OVO atau fitur-fitur layanan yang
berbeda. Klasifikasi pelanggan tersebut adalah :
a)
OVO CLUB
OVO
Club adalah klasifikasi keanggotaan OVO yang memungkinkan Anda dapat menikmati
fasilitas uang elektronik (unregistered) dan OVO Points.Untuk OVO Club,
maksimum saldo OVO Cash adalah Rp 2.000.000 (Dua juta Rupiah)
b)
OVO Premier
OVO
Premier adalah klasifikasi keanggotaan OVO yang memungkinkan Anda dapat menikmati
fasilitas uang elektronik “registered”, OVO Points, fitur layanan Budgeting,
dan fitur layanan lainnya yang dapat Kami tambahkan dari waktu ke waktu
(“Layanan”).
Untuk OVO Premier,
maksimum saldo OVO Cash adalah Rp 10.000.000 (Sepuluh juta Rupiah)
2.3 Kelebihan dan Kekurangan
Aplikasi OVO
1.
Kelebihan dari aplikasi OVO:
- Design UI OVO sangat menarik dan kekinian serta terdapat fitur keamanan dobel yaitu Fingerprint dan Passcode / Pin jadi sangat aman.
- Menggunakan No HP sebagai ID kita dan tidak perlu menggunakan ATM
- Banyak promo di berbagai mercant dan keuntungan poin setelah transaksi, poin tersebut dapat digunakan untuk bertransakasi kembali.
- OVO terintegrasi dengan Matahari Card dengan banyak potongan dan poin.
- OVO terintegrasi dengan Tokopedia sehingga cashback belanja di Tokopedia langsung masuk ke saldo OVO.
- OVO menjadi pembayaran utama Grab jadi makin banyak keuntungan.
- Top up saldo OVO tidak dikenai biaya tambahan sudah saya coba top up di Alfamart dan bebas biaya admin.
- Bayar di toko hanya tinggal Scan lewat smartphone.
2.
Kekurangan aplikasi OVO:
- Masih ada tagihan yang belum lengkap seperti belum adanya pembayaran BPJS Ketenagakerjaan, PBB dll
- Upgrade dari Ovo Club ke Ovo Premiere harus datang ke booth langsung belum bisa dilakukan secara online.
- Cashback dari OVO merupakan point bukan rupiah, yang hanya bisa dipakai terbatas pada merchant tertentu yang menerima pembayaran OVO dengan point.
- Top up saldo OVO dari ATM bank selain Mandiri dan BCA masih terkena biaya admin yang lumayan besar (Seperti biaya admin transfer antar bank).
DAFTAR PUSTAKA
No comments:
Post a Comment